Rabu, 25 Mei 2016

Penggunaan alat peraga matematika

Penggunaan Bead Frame dalam Operasi Hitung Arutmatika Dasar (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, Dan Pembagian)

DESKRIPSI ALAT PERAGA
 Bead frame memiliki 4 unsur, yaitu alas, bingkai, manik-manik, dan garis (tempat manik-manik) Bead Frame terdapat manik-manik yang menyatakan 10, 100, 1000, sampai dengan satu juta. Masing-masing nilai tersebut diwakili dengan 10 buah manik-manik pada setiap garis. Setiap 1 manik-manik puluhan dapat ditukar dengan 1 manik-manik satuan, setiap 1 manik-manik ratusan mewakili 10 manik-manik puluhan, dst. Setiap baris  memiliki warna yang berbeda.
FUNGSI ALAT PERAGA
Bead Frame merupakan alat peraga berbasis Montessori yang dapat  digunakan untuk menyelesaikan operasi hitung aritmatika dasar, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Alat peraga ini dapat menggambarkan secara konkret proses menjumlah, yaitu dengan menambahkan kelompok manik-manik yang tersedia. Hal tersebut dilakukan dengan cara menggeser kelompok maik-manik yang menyatakan suatu bilangan ke sekelompok bilangan yang akan ditambahkan. Pengurangan dengan mengambil kelompok manik-manik yang tersedia, dengan cara menggeser sekelompok manik-manik yang menyatakan bilangan pengurang ke tempat yang berlawanan. Bead Frame ini juga dapat digunakan dalam operasi perkaian, dengan prinsip penjumlahan berulang. Pada operasi pembagian, penggunaan Bead Frame sama dengan prinsip pembagian dengan menggunakan turus. Pembagian dengan menggunakan turus yaitu mengelompokkan dalam bagian-bagian sesuai dengan jumlah bilangan pembagi.
CARA PENGGUNAAN
1.      Penjumlahan
Dalam Bead Frame penjumlahan dilakukan dengan cara menggeser kelompok maik-manik yang menyatakan suatu bilangan ke sekelompok bilangan yang akan ditambahkan. Terdapat dua cara penggunaan Bead Frame dalam operasi penjumlahan, yaitu mencacah dan menjumlahkan secara langsung.
a.       Mencacah
Cara mencacah cocok digunakan pada anak TK dan SD kelas bawah. Penjumlahan ini dapat dilakukan dengan cara
·         mencacah manik-manik yang mewakili bilangan yang akan ditambahkan
·         mencacah satu per satu bilangan penambah sambil menggeser manik-manik tersebut ke arah sekelompok manik-manik yang meakili bilangan yang akan ditambahkan.
·         Menghitung jumlah manik-manik yang terkumpul
Contoh:
2+5=...
Penyelesaian:
Mencacah dan menggeser manik-manik satuan hingga terkumpul 2 buah
Mencacah dan menggeser manik-manik satuan sebanyak 5 buah, ke arah 2 manik-manik yang sudah terkumpul.
Menghitung hasil dengan melihat jumlah manik-manik yang terkumpul. Manik manik yang terkumpul dari penjumlahan tersebut adalah 7 buah.
b.      Menjumlah secara langsung
Pada tingkatan kelas yang lebih tinggi, Bead Frame dapat digunakan dengan cara menjumlahkan langsung kedua bilangan atau lebih tanpa harus mencacah manik-manik satu per satu. Cara ini digunakan apabila siswa telah mengetahui nilai tempat suatu bilagan, dan dapat memecah suatu bilangan sesuai dengan nilai tempatnya.
Menjumlahkan dua bilangan atau lebih dapat dilakuka dengan cara
·         Memecah suatu bilangan yang akan ditambahkan sesuai dengan nilai tempatnya
·         Menggeser dan mengelompokkan manik-manik yang mewakili bilangan tersebut sesuai dengan garis pada Bead Frame. Satuan pada garis paling atas, puluhan pada garis dibawahnya, dst.
·         Memecah suatu bilangan penambah sesuai dengan nilai tempatnya (satuan, puluhan, ratusan, dst.)
·         Menggeser manik-manik dan mengelompokkan manik-manik yang mewakili bilangan tersebut sesuai dengan garis pada Bead Frame ke arah kelompok manik-manik bilangan yang akan dijumlahkan. Satuan pada garis paling atas, puluhan pada garis dibawahnya, dst.
·         Menghitung jumlah pada masing-masing garis yang menyatakan masing-masing nilai tempat.
·         Melakukan penjumlahan bersusun antar garis pada Bead Frame.
Contoh:
120 + 12
Penyelesaian
120 dipecah menjadi
0 manil-manik pada garis satuan
2 manik-manik pada garis puluhan
1 manik-manik pada garis ratusan

12 dipecah menjadi
2 manik-manik pada garis satuan
1 manik-manik pada garis puluhan

Jumlahkan kedua kelompok manik-manik tersebut, dengan penjumlahan bersusun antar garis pada Bead Frame
2 manik-manik pada garis satuan + 3 manik-manik pada garis puluhan yang berarti 30 + 1 pada garis ratusan, yang berarti 100
  2
 30
100     +
132
2.      Pengurangan  
Cara mengguanakan Bead Frame dalam pengurangan hampir sama dengan penjumlahan. Pada penjumlahan manik-manik bilangan pertama dikurangi dengan bilangan selanjutnya, sedangkan pada pengurangan dilakukan hal sebaliknya (mengambil manik-manik bilangan pertama, sesuai denga jumlah bilangan pengurang). Apabila terjadi jumlah satuan yang dikurangi lebih kecil dari bilangan pengurag, maka dapat menukar 1 manik-manik puluhan dengan 10 manik-manik satuan.
            Contoh :
            12 – 8 =
            Penyelesaian
Setelah melakukan proses mencacah satu per satu atau mengelompokkan bilangan sesuai dengan  nilai tempatnya, maka akan terkumpul 2 manik-manik pada garis satuan dan 1 manik-manik pada garis puluhan
Pada garis satuan hanya terdapat 2 manik-manik, sedangkan jumlah yang akan dikurangi sebanyak 8 buah. Hal yang perlu dilakukan adalah mencacah dua manik- manik tersebut, kemudian geser 1 manik-manik puluhan kearah berlawanan, dan geser 10 manik-manik satuan.. Lanjutkan dengan mencacah sisa bilangan pengurang. Bilangan pengurang = 8, sisa bilangan pengurang=6, maka geser ke arah berlawanan sebanyak 6 manik-manik.
Hasil pengurangan dapat diketahui dari jumlah manik-maik yang tersisa.
3.      Perkalian
Penyelesaian perkalian dengan alat peraga Bead Frame tersebut dilakukan dengan cara penjumlahan berulang.
Contoh :
3 x 7
Penyelesaian :
Jumlahkan sebanyak tiga kali, kelompok manik-manik yang berjumlah 7 buah.
Hasil merupakan jumlah manik-manik yang terkumpul.
            Apabila dijumpai perkalian dua angka atau lebih, dapat menggunakan dua cara, yaitu mengalikan langsung dan menggunakan hubung susun perkaian dengan .....Frame sebagai alat bantu.
a.       Mengalikan langsung
Mengalikan langsung dapat dilakukan apabila bilangan sudah dikelompokan berdasarkan nilai tempatnya. Prinsip ini sama dengan penjumlahan dengan cara langsung, hanya saja dilakukan secara berulang sesuai dengan bilangan pengali.
Contoh:
123 x 2
Penyelesaian
Kelopokan bilangan 123 sesuai dengan nilai tampatnya
3 manik-manik pada garis satuan
2 manik-manik pada garis puluhan
1 manik-manik pada garis ratusan
Kemudian lakukan hal tersebut sebanyak 2 kali.
Akan terkumpul 6 manik-manik pada garis satuan
4 manik-manik pada garis puluhan, dan
2 manik-manik pada garis ratusan
Hasil dapat diperoleh dengan cara penjumlahan bersusun antar kelompok nilai tempat. Maka hasilnya adalah 246
b.      Apabila ditemui soal perkalian 3 angka dengan 2 angka atau lebih, maka dapat menggunakan hubung susun perkalian dengan Bead Frame sebagai alat bantu mengingat perkalian 1 atau dua bilangan.
4.      Pembagian
Pada operasi pembagian, penggunaan Bead Frame sama dengan prinsip pembagian dengan menggunakan turus. Pembagian dengan menggunakan turus yaitu mengelompokkan dalam bagian-bagian sesuai dengan jumlah bilangan pembagi.
            Contoh: 12 : 3 = ...
            Penyelesaian:
            Tempatkan 2 manik-maik pada garis satuan dan 1 manik-manik pada garis puluhan.
Hitung dengan mencacah tiga-tiga sampai manik-manik tersebut habis.
Manik-manik pada garis satuan hanya terdapat 2 buah, sedangkan jumlah yang harus digeser sebanyak 3 buah. Cara menyelesaikannya adalah dengan menggeser satu manik-manik puluhan ke arah berlawanan. Hal tersebut berarti menukarkan 1 manik-manik puluhan degan 10 manik-manik satuan.
Lanjutkan mencacah tiga-tiga sampai manik-manik tersebut habis.
Hasil dari pembagian tersebut dapat diketahui dari berapa kali menggeser tiga manik-manik sampai habis. Pada soal contoh manik-manik habis dengan 4 kali penggeseran, maka hasil bagi dari soal tersebut, yaitu 4.
            Operasi pembagian dengan angka bernilai besar dapat menggunakan “Poro Gapit”. Alat peraga Bead Frame dapat digunakan sebagai alat bantu dalam membagi bilangan-bilangan yang terdapat pada ”Poro Gapit” tersebut.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar